Friday, June 5, 2009

Banyusumurup, Makam

Makam Banyusumurup adalah tempat orang-orang buangan bagi orang yang bersalah terhadap Sultan Agung. Merupakan kompleks makam yang terletak di dusun Banyusumurup, Girirejo, Imogiri, Bantul, DIY. Komplek makam ini terletak sekitar 2 km sebelah selatan komplek makam Pajimatan Imogiri, yaitu sebuah lembah yang dikelilingi oleh Gunung Mengger di sebelah Utara; Gunung Tubalung di sebelah Timur; Sendang Lgi di sebelah Selatan dan Perkampungan penduduk di sebelah Barat

Selain makam Pangeran Pekik, terdapat pula makam Gusti Pangeran Lamongan; Gusti Ratu Mangkurat istri Amangkurat Amral, Gusti Pangeran Timur, Raden Ronggo Prawirodirjo, Kanjeng Ratu Lendah, Kanjeng Ratu Sedo Kedaton, Kyai Cuntang (ahli nujum), Gusti Pandansari istri Pangeran Pekik, serta beberapa kerabat Pangeran Pekik.

Makam Banyusumurup terdiri atas dua halaman yang masing-masing dikelilingi tembok bata dan berdenah empat persegi panjang, dengan arah Utara Selatan. Halaman I berukuran panjang 37 m, lebar 24 m, tinggi 2,75 m. Pada halaman I ini terdapat regol berukuran panjang 4,30 m, lebar 3,30 m dan tinggi sampai dengan ujung atap 4,40 m, dengan dua buah dahun pintu bercat hijau tua tanpa hiasan. Regol ini selalu tertutup dan terkunci, dibuka kalau ada peziarah yang datang khusus untuk mengadakan upacara tertentu/sesaji.
Sedangkan halaman II berukuran panjang 20,30 m, lebar 19,50 m, ukuran regol dan bentuknya sama dengan regol halaman I. Regol halaman II ini selalu terbuka, sehingga para juru kunci dan peziarah bebas keluar masuk.

No comments:

Post a Comment